Pac-Man Dirilis di Jepang | 10 Oktober 1979

Pac-Man adalah sebuah permainan arcade dan video yang dikembangkan Namco dan dirilis di Jepang 10 Oktober 1979 serta dirancang Toru Iwatani, karyawan Namco.

Untuk memainkannya, para pemain harus mengontrol tokoh warna kuning bernama Pac-Man dan membawanya mengelilingi lorong berliku sambil memakan titik-titik kecil dan benda-benda khusus lainnya. Pada saat yang sama, terdapat empat `hantu' yang berkeliling di lorong tersebut dan bertugas menangkap Pac-Man. Seorang pemain dapat menyelesaikan satu tingkat jika berhasil memakan seluruh titik dan benda khusus.

Secara teori, permainan dapat terus berlanjut tanpa batasan tingkat, tetapi tingkat ke-256 memiliki bug yang membuat gambar di layar tidak beraturan dan menyebabkan Pac-Man tidak dapat terus dimainkan melewati tingkat tersebut. Pac-Man kini dianggap sebagai salah satu permainan video klasik dan salah satu ikon 1980-an.

Salah satu alasan kesuksesannya ialah permainan itu sangat digemari baik pria maupun perempuan jika dibandingkan permainan arcade lainnya sebelum Pac-Man, seperti Space Invaders dan Defender yang merupakan permainan tembak-tembakan.

Rubrik: ON THIS DAY | Media Indonesia edisi Jumat, 10 Oktober 2014 | halaman 21
Share on Google Plus

About Abah Asmat

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment